Tips Cermat Sebelum Membeli Rumah Bekas

Sebagai salah satu kebutuhan primer, setiap orang membutuhkan hunian sebagai tempat untuk tinggal. Namun ketersediaan rumah saat ini jauh di bawah permintaan, hal ini berdampak pada harga rumah yang melambung dan membuat orang kebingungan untuk membeli rumah. Untuk menyiasati harganya yang tinggi, Anda bisa membeli rumah bekas sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan hunian. Selain karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli rumah baru, rumah bekas juga bisa langsung Anda tinggal.

Berikut ini adalah tips untuk membeli rumah bekas yang perlu Anda ketahui.

Tips Membeli Rumah Bekas

Survey Lingkungan

Agar Anda bisa tinggal dengan nyaman, lakukanlah survey lingkungan terlebih dahulu sebelum membeli rumah. Keadaan lingkungan calon rumah Anda perlu diperhatikan, terutama untuk fasilitas pendukung seperti sekolah, pasar, tempat ibadah, dan lain-lain.

Akses menuju rumah juga perlu dipertimbangkan. Rumah yang jauh dari kota biasanya minim dengan fasilitas dan akses yang sulit dijangkau. Sedangkan rumah di tengah kota biasanya dekat dengan berbagai fasilitas umum dan daerahnya mudah untuk dijangkau

Selain fasilitas dan aksesnya, Anda juga harus memperhatikan kondisi sosial lingkungan juga, lingkungan yang baik dapat membuat Anda tinggal lebih nyaman dan merasa lebih aman.

Baca juga: Inilah Alasan yang Tepat untuk Membeli Rumah di Bogor

Survey Harga

Dapatkan informasi mengenai harga pasaran rumah di suatu daerah sebagai pertimbangan untuk membeli rumah bekas. Hal ini dilakukan agar Anda dapat memilih rumah sesuai dengan budget yang Anda punya. Lingkungan dan daerah juga menentukan harga rumah tersebut. Rumah yang jauh dari kota biasanya lebih murah. Sedangkan rumah di tengah kota biasanya harganya lebih mahal.

Jika Anda ingin melakukan penawaran, berikan penawaran dengan harga yang wajar . Untuk properti, harga yang ditawarkan biasanya berkisar 10 – 20 % lebih tinggi dari harga jual rumah tersebut.

Baca juga: Yuk, Investasi Properti di Bogor, Wilayah Berkembang yang Menjanjikan

Perhatikan Kondisi Fisik Rumah

Sudah menemukan rumah bekas yang cocok? Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah tersebut, ada baiknya untuk memperhatikan kembali kondisi fisik rumah. Mengetahui detail kondisi fisik rumah adalah hal yang sangat penting, karena Anda akan menjadi pemilik rumah tersebut selanjutnya.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti..

  • Kondisi dinding
  • Struktur rumah
  • Kualitas lantai
  • Kondisi atap
  • Jaringan listrik
  • Sumber air
  • Sirkulasi udara

Periksalah kondisi bangunan secara detail untuk memudahkan Anda melakukan perawatan. Ketahui juga usia bangunan yang hendak Anda beli. Semakin tua usia bangunan, semakin rentan pula kondisi fisik bangunan, jadi Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk renovasi rumah tersebut.

Cek Kelengkapan Dokumen Legalitas

Anda harus melakukan pemeriksaan dan mencermati keaslian dokumen seperti sertifikat rumah atau SHM, ijin mendirikan bangunan IMB, dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB. Selain itu, pastikan nama penjual dan nama yang tertera di dokumen sama. Hal ini sangat penting karena menyangkut kepemilikan hukum untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari.

Tanpa Perantara atau Langsung dengan Pemiliknya

Lebih disarankan untuk membeli rumah langsung pada pemiliknya. Anda bisa lebih mudah untuk menanyakan lansgung tentang calon rumah yang Anda inginkan. Berbagai informasi seputar rumah seperti lingkungan sekitar, awal mula rumah dibangun, alasan menjual rumah, dan sebagainya. Anda juga bisa lebih leluasa untuk bernegosiasi, sehinga Anda bisa menemukan harga rumah yang sesuai dengan budget Anda. Keuntungan bagi penjual adalah tidak perlu membayar komisi perantara.

Tertarik untuk Membeli Rumah Bekas?

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah bekas, Anda bisa menemukan berbagai pilihan rumah bekas yang tersedia di halaman Rumah Bekas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *